Islam di Ghana

Ghana, negara asal Koffi Anan, Sekretaris Jendral PBB, terletak di Afrika Barat, berbatasan dengan Burkina Faso, Pantai Gading, Togo, dan lautan Atlantik(teluk Guinea). Ghana telah dihuni manusia beribu tahun yang lalu dan mempunyai beberapa keunikan, pertama, Ghana adalah negara Afrika hitam pertama yang memperoleh kemerdekaan dari para penjajah Eropa (baca: Inggris), kedua mempunyai kerajaan kuno yang terkenal yaitu Ghana Empire (Kingdom of Ghana) atau juga dikenal dengan sebutan Ghanata atau Wagadugu yang berkuasa sejak abad ke-9 selama berabad-abad dengan wilayah meliputi Senegal, Mali dan Mauritania dan Ashanti Empire (abad ke-17), ketiga untuk mendapatkan pemahaman tentang Ghana, para ahli sejarah banyak memperoleh informasi dari para penulis Arab, antara lain dari Al-Hamdani yang mendeskripsikan Ghana sebagai tambang emas terbesar di muka bumi, keempat, Ghana banyak menelorkan tokoh-tokoh terkenal dunia, antara lain Koffi Anan, Sekjen PBB, dan Imam Syaikh Salisu Shaban, pemimpin sufi terkemuka di dunia saat ini.

Dengan wilayah seluas 239.400 km2, sedikit lebih kecil dari negara bagian Oregon, Amerika Serikat, beriklim tropic dan kering. Berpenduduk padat, dihuni sekitar 20.757.032 orang, terdiri dari suku asli Afrika (black African) sebanyak 98,5%, yaitu Akan, Moshi-Dagomba, Ewe, Ga, Gurma dan Yoruba. Selebihnya adalah pendatang dari Eropa dan Arab. Angka pertumbuhan penduduk, rata-rata 1,36% per-tahun, angka kelahiran 24,9 per-1000, dan angka kematian 10,67 per-1000. Agama Islam dianut sekitrar 15%, Kristen 63% dan animis 21%. Bahasa nasional mereka adalah Inggris, di samping bahasa setempat, yaitu Akan, Moshi-Dagomba, Ewe dan Ga.

Ekonomi
Walaupun diberkati dengan sumberdaya alam (emas) yang melimpah, namun Ghana secara kasar dikategorikan sebagai negara termiskin di Afrika Barat, dan sangat bergantung pada bantuan dana dan teknisi dari dunia internasional. Emas, tembaga dan coklat merupakan sumber devisa andalan Ghana. Pertanian memberikan sumbangan dana sebesar 35% dan menyerap 60% tenaga kerja. PBB mengkategorikan Ghana sebagai Heavily Indebted Poor Country (HIPC) dan di bawah program pengawasan PBB terhitung tahun 2002.

Hasil tambang berasal dari emas dan tembaga, sedangkan hasil pertanian bertumpu pada coklat, kopi, beras, kacang, jagung, pisang dan kayu. Mempunyai angka pertumbuhan rata-rata 4,7% dan inflasi 26,7%, Ghana memang mempunyai kesulitan ekonomi tinggi. Jumlah angkatan kerja sebanyak 10 juta orang, diserap oleh sektor pertanian sebanyak 60% serta industri 15% dan jasa 25%. Hasil komoditi yang dieksport adalah emas, coklat, tembaga, ikan tuna, alumunium, dan berlian. Tujuan eksport adalah Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Italia, Turki dan Amerika Serikat. Sedangkan komoditi yang diimport adalah capital equipment, minyak dan gas, serta bahan makanan. Import berasal dari Nigeria, Cina, Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Perancis dan Afrika Selatan. Indonesia belum termasuk di dalamnya. Mata uang yang digunakan adalah Cedi (GHC). US $ 1,- seharga 7,932 GHC.

Sejarah Pemerintahan
Republic of Ghana, dahulu dikenal dengan Gold Coast, dengan ibukotanya ACCRA (didirikan oleh suku Ga), terbagi dalam 10 regions. Semula Ghana beribukota di Cape Coast, namun pemerintah kolonial Inggris memindahkannya ke Accra pada tahun 1876. Ghana, telah dikenal oleh para pedagang dan penulis Arab pada abad ke-9. Kumbi Saleh, yang terletak di utara Ghana adalah pusat seluruh perdagangan di Ghana pada abad ke-9. Komoditi yang diperdagangkan adalah budak, emas, tekstil dan garam. Kumbi Saleh adalah ibukota kerajaan Ghana kuno dan bertahan hingga abad ke-12. Portugis adalah negara Eropa pertama yang menginjakkan kakinya di Ghana pada abad ke-15 (1471), dan mereka tinggal di tepi pantai yang dinamai Elmina (the minde). Lalu diikuti ole Belanda, Inggris dan Jerman pada abad ke-16. Selama 250 tahun mereka berkutat pada mata dagangan budak, tak kurang 10.000 budak per-tahun. Perdagangan budak ini, berakhir pada abad ke-19. Portugis (Portugal) memberikan nama Ghana sebagai Gold Coast, karena mereka adalah penambang emas pertama di Ghana.

Ketika kerajaan Ashanti (Asante) berkuasa pada abad ke-17, mereka mengontrol seluruh Ghana dan mengalami zaman keemasan ketika Osei Bonsu menjadi raja. Namun akhirnya kerajaan Asante ini ditaklukkan Inggris pada abad ke-19 (1896). Orang-orang Asante inilah yang akhirnya berjuang keras untuk mengusir Inggris sekaligus untuk memperoleh kemerdekaan, dan perjuangan mereka dimulai pada tahun 1935, ketika mereka menuntut The Ashanti Confederacy Council. Akhirnya pemerintah kolonial Inggris mengabulkannya dengan membentuk Ghana’s Legislative Council pada tahun 1946. Demonstrasi pertama pecah pada tanggal 28 Pebruari 1948, ketika penduduk kota Accra menuntut kemerdekaan.

Kwame Nkrumah yang lahir pada tahun 1909, mulai terlibat langsung dalam perjuangan yang heroik untuk memperoleh kemerdekaan Ghana pada tahun 1949, yang akhirnya membawa beliau masuk penjara. Pada tahun 1952, Nkrumah diangkat sebagai Perdana Menteri pertama Ghana (pertama di Afrika) oleh pemerintah kolonial Inggris, dan beliau terpilih kembali secara berturut-turut pada tahun 1954 dan 1956.

Akhirnya pada tanggal 6 Maret 1957, Ghana memperoleh kemerdekaan dari Inggris, dan paling tidak merupakan negara sub-Sahara Afrika pertama yang memperoleh kemerdekaan dari kolonial. Pada tahun 1960, Kwame Nkrumah (seorang marxist) terpilih menjadi presiden pertama Ghana, namun dalam masa pemerintahannya, Nkrumah berlaku diktator dan hanya memberlakukan satu partai, dan pada gilirannya menuai kritik pedas dari komunitas internasional.

Di samping menuai kritik internasional, Ghana jatuh pada budaya kudeta. Kudeta pertama dilakukan oleh para kadet militer didikan Inggris pada tanggal 24 Pebruari 1966, Nkrumah lari ke Guinea, dan wafat di sana pada tahun 1972. Pada tahun 1969 diadakan pemilu multipartai yang dimenangkan oleh Progress Partai pimpinan Dr. Kofi Busia. Namun pemerintahan hasil pemilu ini tak bertahan lama, karena pada tanggal 13 Januari 1972, Kolonel Ignatius Acheampong melakukan kudeta. Acheampong bertahan sampai dengan tahun 1978, ketika pada tanggal 5 Juli 1978 dikudeta oleh Jendral William Akuffo. Pada tanggal 15 Mei 1979, seorang kadet muda, Letnan Jerry John Rawlings melakukan kudeta namun dapat digagalkan, dan akhirnya dijebloskan dalam penjara. Namun Rawlings, sekeluar dari penjara, melakukan kudeta kembali pada tanggal 31 Desember 1981, dan pada akhirnya beliau terpilih sebagai presiden. Kudeta terulang lagi pada tahun 1982 dan 1983 namun dapat digagalkan. Para oposisi menggerakkan gerakan kudeta tersebut dari Togo, negara tetangga Ghana. Rawlings dianggap sebagai orang kuat Ghana, dan mempunyai hubungan yang erat dengan Libya, Cuba dan Eropa Timur ketika beliau berkuasa. Pada tahun 1992 diadakan pemilihan umum multipartai, Rawlings terpilih sebagai Presiden dan terpilih kembali pada tahun 1996. Pada tahun 2000, Rawlings mengakhiri jabatannya sebagai Presiden, karena konstitusi Ghana menyebutkan bahwa seorang presiden tidak dipilih kembali setelah 2 (dua) periode) berturut-turut. Akhirnya pada pemilu tanggal 7 Januari 2001, John Agyekum KUFOUR terpilih sebagai Presiden, dan sebagai Wakil Presiden adalah seorang muslim Alhaji Aliu MAHAMA.

Perkembangan Islam di Ghana
Sebagaimana dirilis oleh Wikipedia, Islam masuk ke Afrika Barat, dimulai dari Ghana pada abad ke-9, karena Ghana merupakan jalur utama perdagangan bagi para pedagang muslim yang datang dari Afrika Utara melalui Mali. Dan pada abad ke-15, Islam semakin menunjukkan identitasnya di Ghana bagian utara. Mayoritas pemeluk Islam di Ghana menganut madzhab Maliki, sedangkan aliran sufi yang dianut adalah Tijaniyah dan Qadiriyah. Ahmadiyah maupun Syi’ah dianut oleh sebagian kecil pemeluk Islam di Ghana.

Menurut data resmi yang dikeluarkan pemerintah Ghana maupun CIA Worldfact, pemeluk Islam di Ghana berkisar 16%, sedangkan Kristen 63% dan Animis 21%. Sedangkan Islamicpopulation melansir bahwa penganut Islam di Ghana adalah 40%, bukan 16%, dari total penduduk Ghana sebesar 20 juta orang, mayoritas mereka berada di bagian utara Ghana, sedangkan penanut Kristen berada di bagian selatan. Angka ini lebih realistis, mengingat Islam telah menyebar di Ghana sejak abad ke-9 ketika Kerajaan Ghana kuno berkuasa di Kumbi Saleh, Ghana Utara.

Sheikh Hassan Khalid, aktivis Ghanian Islamic Daawa, membenarkan klaim, bahwa penyebaran Islam di Afrika Barat berawal dari Ghana. Sampai sekarang, banyak para kader muslim di Afrika Barat menimba ilmu ke-Islaman di Ghana, khususnya belajar mengenai tafsir al-Qur’an, Hadits maupun Hukum Islam. Hubungan Islam dan Kristen di Ghana adalah yang terbaik di Afrika Barat, karena otoritas pengendali ummat di Ghana dipegang oleh suatu badan yang disebut Muslim Representatice Council. Badan ini menangani masalah-masalah keagamaan, sosial, ekonomi dan hubungan antar agama di Ghana. Juga sebagaimana di Indonesia, badan ini juga mengatur perjalanan Haji bagi kaum muslimini Ghana yang ingin menunaikan ibadah haji ke Mekkah. Walaupun Ahmadiyah dianut oleh sedikit ummat Islam di Ghana, namun aktivitasnya sangat mengagumkan, karena mereka mempunyai rumah sakit, sekolah dan training center.

Saat ini, ada 3 (tiga) orang yang sangat dihormati oleh ummat Islam di Ghana, pertama Alhaji Aliu MAHAMA, yang diangkat sebagai Wakil Presiden Ghana sejak tanggal 7 Januari 2001. Beliau tokoh muslim Ghana yang amat disegani. Hal ini mengindikasikan bahwa peran ummat Islam di Ghana, khususnya di bidang politik sangat kuat. Kedua, Imam Syaikh Salisu SHABAN, pemimpin spiritual Islam Ghana, ulama sufi terkemuka di dunia dari aliran Tijaniyah. Beliau termasuk salah satu ‘ulama e-haq (scholar of truth)’ yang dikukuhkan pada peringatan milad Nabi Muhammad s.a.w. di Toronto, Kanada tahun 1999. Ketiga, Prof. Abdullah Botchway, gurubesar tamu di University of Malaya, Malaysia. Baik Imam Salisu Shaban maupun Abdullah Botchway adalah pembicara utama ketika diadakan peringatan milad Nabi Muhammad s.a.w. di Toronto Kanda, 1999 yang lalu.

Islam di Ghana, telah dimuat di majalah Amanah No. 62 TH XVIII Mei 2005 / Rabiul Awal – Rabiul Akhir 1426 H

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: