Penelusuran Artikel Melalui Proquest Medical Library

YAYASAN YARSI telah menetapkan UPT Perpustakaan Universitas YARSI sebagai ‘perpustakaan digital’ artinya, penelusuran artikel tidak hanya diperoleh dalam bentuk tekstual (buku dan jurnal ilmiah), namun dapat juga diperoleh melalui dunia maya (internet). Oleh karena itu, sejak tahun 2001 yang lalu, YAYASAN YARSI telah melanggan PROQUEST, suatu perusahaan jasa yang khusus menampung artikel-artikel ilmiah dari berbagai jurnal ilmiah internasional yang telah terakreditasi, khususnya di bidang kedokteran/kesehatan (Proquest Medical Library). Dana untuk melanggan proquest cukup besar (dalam bentuk dolar) dan dapat diperpanjang setiap tahun. Tujuan utama melanggan proquest adalah, agar para dosen dan mahasiswa memperoleh ilmu pengetahuan yang up to date di bidang kedokteran dan kesehatan, sekaligus membiasakan diri untuk meng-up date ilmu pengetahuan yang dipunyainya sesuai dengan perkembangan yang mutakhir. Khusus bagi dosen Fakultas Kedokteran, Proquest akan sangat membantu dan mempermudah langkah untuk mecari rujukan-rujukan berbobot dan ilmiah, ketika sedang menulis artikel atau membuat suatu penelitian.

Cara paling simpel untuk menelusur artikel melalui Proquest Medical Library adalah sebagai berikut:

Langkah pertama: lihat clue (petunjuk), lalu tentukan pilihan: Basic, Advanced, Topics atau Publications. Sebagai informasi, clue yang banyak dipergunakan oleh penelusur adalah Basic dan Publications

Langkah kedua: bila memilih clue Basic, maka hal-hal perlu diperhatikan adalah mengetik ‘key word’ atau ‘subyek’, dalam kolom yang telah ditentukan (contoh: leptin), menetapkan ‘range all dates’ dan ‘limits results to’ (kalau perlu), kemudian di’search’ (enter). Setelah di-enter, akan terpampang artikel-artikel yang berhubungan dengan leptin. Bila ingin lebih spesifikasi, tinggal memilih clue di bawah ‘suggested topics’ atau ‘browse suggested publications’.

Langkah ketiga: di bawah judul artikel biasanya ada clue Full Text, Text-Graphics, Page Image – PDF, Abstract dan Citation. Bila ingin memperoleh hasil yang optimal, disarankan untuk ‘klik’ Page Image – PDF, karena hasil print-outnya akan sama dengan jurnal ilmiah cetak.

Langkah keempat: bila memilih clue Publications (nama-nama jurnal yang jumlahnya ratusan), tinggal pilih abjad ‘A’ sampai ‘Z’. Contoh, bila ingin mencari jurnal ‘Archives of Surgery’, tinggal klik abjad ‘A’, jurnal ‘Pediatrics’ tinggal klik ‘P’, dan seterusnya. Langkah selanjutnya adalah seperti langkah ketiga.

Hidangan yang telah tersedia sebaiknya dinikmati, selamat mencoba, dan semoga berhasil.

Artikel ini telah dimuat di Bulletin “YARSI Menyapa” edisi Perdana, Vol 1 No.1 Oktober – Desember 2005

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: